Skala IQ Wechlsler dan Bellevue

Standar

Inteligensi menurut David Wechsler (1958) adalah “keseluruhan kemampuan individu untuk berfikir dan bertindak secara terarah serta mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif.”

Ukuran inteligensi dinyatakan dalam IQ (intelligence quotient). Pada orang dewasa (16 tahun ke atas), IQ dihitung dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan yang terdiri dari berbagai soal (hituagan, kata-kata, gambar, dll) dan menghituag berapa banyaknya pertanyaan yang dapat dijawab dengan benar dan membandingkannya dengan sebuah daftar (yang dibuat berdasarkan penelitian yang terpercaya) dan didapatkanlah nilai IQ orang yang bersangkutan.

Pada anak-anak, cara menghitung IQ adalah dengan menyuruh anak untuk melakukan pekerjaan tertentu dan menjawab pertanyaan tertentu (misalnya menghituag sampai 10 atau 100, menyebut nama hari dan bulan, membuka dan menutup pintu, dll). Jumlah pekerjaan yang bisa dilakukan anak kemudian dicocokkan dengan membuat daftar untuk mengetahui usia mental (mental age=MA) anak. Makin banyak yang bisa dijawab atau dikerjakan anak, makin tinggi usia mentalnya. Usia mental ini kemudian dibagi dengan usia kalender (callender age=CA) dan dikalikan 100, maka didapatkan IQ anak.

Skala IQ yang dipakai adalah dari Wechlsler dan Bellevue (WB).

IQ Klasifikasi
Sampai dengan 67 Terbelakang
68-79 Perbatasan (borderline)
80-90 Kurang dari rata-rata (Low Average)
91-110 Rata-rata (average)
110-119 Diatas rata-rata (high average)
120-127 Superior
128 Very Superior

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s